14.3.16

Apa itu POSSI ?



Persatuan Olahraga Seluruh Indonesia disingkat POSSI adalah sebuah organisasi nirlaba yang diakui oleh Komite Olimpiade Indonesia (KOI) sebagai Badan Olahraga Nasional, sekaligus sebagai anggota serta anggota Federasi Selam Dunia (CMAS). Berkantor pusat di Ibu kota Negara, Jakarta dan POSSI menawarkan berbagai program bagi para peselam dari berbagai usia dan tingkat keahlian. POSSI yang didirikan pada tanggal 4 Agustus 1977 bertujuan untuk membina dan mengembankan olahragawan/aktivis selam Indonesia untuk mencapai prestasi yang maksimal di tingkat regional (ASEAN, Asia) dan internasional. POSSI adalah network dari semua orang yang  cinta laut yang bekerja bersama-sama untuk menumbuhkan kesadaran akan kelestarian lingkungan hidup bawah permukaan air, menunjang kegiatan penelitian dan kepariwisataan, meningkatkan kemampuan teknis penyelaman, dan kegiatan bawah permukaan air lainnya.
POSSI adalah satu-satunya organisasi olahraga selam (sport diving) yang berwenang meng-koordinasikan dan membina seluruh dan setiap kegiatan selam olahraga/rekreasi di seluruh  wilayah hukum NKRI. POSSI merupakan mitra pemerintah dalam pembinaan dan pembangunan olahraga selam.

Who is POSSI?

POSSI adalah sebuah organisasi nirlaba, yang sesuai tujuan utamanya terus mencari anak usia dini dan remaja dari segala usia untuk diajak berlatih dan menjadi atlet selam. Kami sangat bersemangat untuk membagi kegembiraan berkat sukses yang dicapai dalam berbagai kejuaraan SEA, atau Asia dan dunia, pada penggemar baru. Berkat dukungan dari pengurus POSSI di pusat maupun di provinsi, serta staf yang berdedikasi serta organisasi mitra lainnya, cabang olahraga selam terus mendulang sukses khususnya dalam SEA  Games Palembang 2011 dengan memperoleh 7 medali emas dari 16 nomor yang dipertandingkan. 
Kami menseleksi melalui kejuaraan daerah/provinsi, melatih dan menguatkan tim selam untuk mewakili Indonesia dalam acara kejuaraan selam CMAS,  antara lain Kejuaraan Dunia, dan Piala Dunia  Finswimming di kolam maupun di laut terbuka. Kejuaraan lainnya antara lain kejuaraan Junior Nasional dan internasional lainnya.
Sebagian besar atlet POSSI mulai menyelam dari usia dini, dan pada program latihan kami kelompokkan sebagai junior, yang dilatih di hampir semua pengurus provinsi (pengprov POSSI)yang berasal dari ratusan klub lokal. Sedangkan beberapa remaja lainnya masuk program latihan kelompok senior untuk menjadi peselam atau finswimmer top nasional maupun internasional. Kami  bahkan merencanakan membentuk program master yang mendukung para mantan atlet yang tidak lagi bersaing di tingkat senior, tetapi masih ingin terus menyelam, yang bisa juga diarahkan ke program scuba diving.
POSSI juga memberikan bimbingan serta informasi tentang semua aspek olahraga di dunia bawah air. Keterhubungan POSSI dengan Federasi Selam Dunia CMAS melalui keanggotaan POSSI, kami memberikan pelatihan selam baik finswimming maupun scuba diving, selam ilmiah (scientific diving) bagi para ilmuwan, dan menyediakan informasi untuk diakses oleh penggemar selam sehingga mereka bisa mengikuti program terbaru yang berkaitan dengan kegiatan selam.  Yang menarik adalah anggota peselam POSSI  mengalami setiap getar dan sukacita atau excitement ketika menyelam pada setiap jenjang yang di-lakoni-nya. 

Sumber : http://www.possi.or.id/apa-itu-possi/  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar